Prodi Matematika melalui Pusat Studi Data Sains bekerja sama dengan Ikatan Alumni Matematika Universitas Ahmad Dahlan mengadakan Webinar 3.0 sekaligus Pejuang Data 1.0 Graduation Ceremony pada Sabtu, 9 Januari 2021. Webinar kali ini diikuti oleh kurang lebih 100 orang yang terdiri dari mahasiswa, alumni serta dosen Matematika Universitas Ahmad Dahlan.

Di buka oleh Kepala Program Studi Matematika Bapak Joko Purwadi, S.Si, M.Sc, webinar kali ini mengangkat tema “Peran Matematikawan Sebagai Data Analyst di Dunia Industri”. Webinar ini merupakan kali ke-tiga setelah dua webinar sebelumnya dengan tema yang berbeda. Narasumber acara ini adalah Kharizma Arivianti, S.Si dan A’rof Khafinudin, S.Si yang merupakan alumni Matematika UAD angkatan 2014.

A’rof Khafinudin, S.Si bekerja sebagai Data Category suatu perusahaan retail besar di Indonesia. Pekerjaan beliau mencakup displaying dan pemetaan customer behavior. Ini banyak menggunakan kemampuan analisis seorang Matematikawan.

Selain itu, Kharizma Arivianti, S.Si yang merupakan Data Analyst sebuah perusahan analisis marketing juga menjelaskan tugas dalam pekerjaannya meliputi Membuat e-kuesioner, Data Collecting, Analisis Data, Pembuatan Tabulasi.

Aplikasi yang sering digunakan para Data Analyst adalah RStudio, SQL dan MS Excel. Mereka juga menambahkan bahwa dalam pekerjaan time management adalah hal penting untuk menunjang profesi mereka.

Dalam acara tersebut juga dilaporkan kegiatan PSDS selama semester ganjil yang disampaikan oleh Bapak Sugiyarto,Ph.D selaku penanggung jawab PSDS Matematika Universitas Ahmad Dahlan. Dalam laporannya disampaikan peserta   serta output dari kegiatan PSDS ini. Dari 21 lulusan terdapat 5 lulusan terbaik yaitu : Rikma Mei Sari, Dera Kurnia Laely, Safira Puspitasari, Berlin Ryan Kuswoyo Putri, dan Galang Suryaputra. Mereka ini diharapkan akan menjadi motor yang menggerakan giat data di Matematika UAD ini.

 

Untuk mendapatkan sertifikat klik disini

Webinar 3.0 Pusat Studi Data Sains dan Pejuang Data 1.0 Graduation Ceremony