Society 5.0 adalah masyarakat yang dapat menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalahan sosial dengan memanfaatkan berbagai inovasi yang lahir di era Revolusi industri 4.0 seperti Internet on Things (internet untuk segala sesuatu), Artificial Intelligence (kecerdasan buatan), Big Data (data dalam jumlah besar), dan robot untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Hal ini juga dapat diartikan sebagai sebuah konsep masyarakat yang berpusat pada manusia dan berbasis teknologi.

Era Society 5.0 ini merupakan tantangan tersendiri untuk berbagai bidang. Salah satunya adalah perubahan peran matematikawa dalam dunia industri. Oleh karenanya pada Sabtu 27 Maret 2021 Pusat Studi Data Sains bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Matematika Universitas Ahmad Dahlan mengadakan Seminar Nasional Matematika dan Data Sains dengan tema “Implementasi Machine Learning, Data Science dan Data Analyst sebagai Platform Strategis menuju Era Society 5.0” tema ini diambil sebagai bentuk kesiapan prodi matematika UAD dalam menyiapkan lulusan yang nantinya siap untuk menghadapi dunia kerja di Era Society 5.0.

Acara ini dibuka oleh Kepala Program Studi Matematika Universitas Ahmad Dahlan Bapak Joko Purwadi, beliau berharap acara ini dapat menambah khasanah informasi dalam menghadapi Era Society 5.0. Dengan dimoderatori oleh Ibu Syiva Irsalinda acara ini menghadirkan 3 narasumber dengan topik yang berbeda.

Narasumber pertama yaitu Ibu Dr. Techn. Rohmatul Fajriyah, M. Si. dari Universitas Islam Indonesia, dengan membawakan topik “Big Data in Bioinformatics”. Beliau menjelaskan mulai dari pengertian Big data hingga perannya dalam bidang bioinformatika. Narasumber kedua yaitu Ts. Dr. Suliadi Firdaus bin Sufahani, dosen Universiti Tunn Hussein Onn Malaysia yang membawakan materi “Solving Menu Planning Problem with Big Data Through Binnary Integer Programing Method and Sufahani-Ismail Algorithm”. Narasumber terakhir yaitu Bapak Sugiyarto, Ph.D. dari Universitas Ahmad Dahlan dengan materi berjudul “Studi Jarak Dalam Fuzzy Subtractive Clustering

Selain melalui Zoom Meeting, seminar ini juga disiarkan langsung melalui Youtube Channel Prodi Matematika UAD. Acara ini diakhiri dengan presentasi dari peserta paper dalam 5 Breakout Room Zoom yang berbeda.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Seminar Nasional Matematika dan Data Sains