Big Data merupakan hal yang sudah populer  di era ini. Pengumpul, pengolah dan penganalisa  data atau sering di sebut Data Scientist adalah salah satu pekerjaan yang akan semakin dicari di masa depan. Terbukti berdasarkan Harvard Business Review, Data Scientist merupakan pekerjaan paling “seksi” di abad 21 ini.

Dalam pengolahan data terdapat banyak sekali bahasa pemrograman dan aplikasi yang dapat digunakan. Mulai dari Excel, R, Mathlab, hingga Python. Dikutip dari www.dqlab.id bahasa Python merupakan bahasa yang mudah dipahami sehingga cocok untuk pemula dalam mempelajari Data Science.

Dalam rangka menyiapkan lulusan yang kompeten dan siap menghadapi tantangan dunia kerja. Prodi Matematika UAD melalui Pusat Studi Data Sains dan Himpunan Mahasiswa Matematika UAD mengadakan Workshop Matematika dan Data Sains dengan bekerja sama dengan DQ Lab, pada hari Minggu 28 Maret 2021 di ruang Virtual Zoom Meeting.

Dibuka oleh Bapak Joko Purwadi, M. Sc. sebagai Kepala Prodi Matematika UAD, beliau menegaskan bahwa acara atau pelatihan serupa akan sering diadakan untuk menyiapkan lulusan-lulusan matematika yang handal dalam pengolahan data. Ia juga mengharapkan kerja sama dengan DQ Lab ini akan terus berlanjut dan akan semakin meluas. Ia juga memberi semangat para peserta untuk mempelajari banyak bahasa pemrograman di berbagai cara atau platform salah satunya dengan bergabung di Pusat Studi Data Sains Prodi Matematika.

Trainer dalam acara ini   adalah Wahyu Ramadani, S. Kom., lulusan Binus University yang menjadi salah satu tim Trainer DQLab. Workshop kali ini terbagi menjadi dua sesi yaitu Python Basic dan Python Advanced.  Peserta diminta memperhatikan dan mencoba sendiri code yang dicontohkan dan berdiskusi aktif dalam forum. Ia juga menambahkan dalam belajar sebuah bahasa pemrograman, support lingkungan juga sangat penting. Agar selalu up to date dalam perkembangan skill yang dimiliki, maka ia menyarankna untuk peserta bisa bergabung dengan komunitas Data Sains, Pengguna Python dan ikut aktif terlibat di dalamnya.

 

 

 

KOLABORASI PRODI MATEMATIKA UAD DENGAN DQLAB