Perkuliahan

Perkuliahan mahasiswa dimulai dengan penyusunan KRS secara on line, adapun
flowchartnya sbb:

flowchart

1. Persyaratan Mengikuti Perkuliahan/Praktikum :
a. Telah membayar biaya pendidikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan telah melakukan KRS online melalui http://portal.uad.ac.id/
b. Telah lulus mata kuliah prasyarat.
c. Mematuhi tata tertib perkuliahan/praktikum yang berlaku.

2. Tata Tertib Mengikuti Perkuliahan :
a. Mengikuti perkuliahan minimal 75% dari jumlah pertemuan yang dijad- walkan termasuk Ujian Mid Semester dan Ujian Akhir Semester. Mahasiswa yang tidak mengikuti perkuliahan sesuai dengan jumlah yang ditentukan dapat dikenakan sanksi akademik.
b. Untuk kegiatan praktikum di laboratorium, setiap mahasiswa wajib mengi- kuti keseluruhan kegiatan praktikum (100%). Apabila mahasiswa yang ber- sangkutan tidak dapat mengikuti kegiatan praktikum akan diberikan prakti- kum susulan, dan apabila 4 (empat) kali tidak mengikuti kegiatan praktikum di dalam satu semester yang sama, maka haknya untuk mengikuti prakti- kum gugur.

c. Kehadiran kuliah merupakan salah satu syarat untuk mengikuti ujian dan diperhitungkan sebagai komponen evaluasi dalam pemberian nilai akhir.
d. Mengucapkan salam ketika memasuki ruang perkuliahan.
e. Bagi mahasiswa yang terlambat 15 menit setelah perkuliahan dimulai, do- sen dapat menolak mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan.
f. Mahasiswa yang tidak dapat hadir dalam perkuliahan wajib membuat pem- beritahuan secara tertulis kepada dosen bersangkutan dengan tembusan kepada Ketua Program Studi. Surat pemberitahuan harus dilampiri kete- rangan dokter jika ketidakhadirannya karena sakit, pempinan perusahaan/ instansi jika ketidakhadirannya karena sedang melaksanakan tugas perusa- haan/instansi, atau pihak lain yang relevan.
g. Mengenakan pakaian sopan (mahasiswa putri berjilbab), rapih dan bersih, serta tidak memakai kaos, sandal, dan/atau topi di dalam ruangan.
h. Mahasiswa tidak diperkenankan merokok di lingkungan kampus, baik se- lama mengikuti perkuliahan/ praktikum.
i. Menandatangani daftar hadir pada setiap perkuliahan

3. Ujian

Dalam satu semester ada dua evaluasi penting yang harus dilaksanakan setiap dosen yaitu menggunakan ujian mid semester dan ujian akhir semester serta nilai tugas. Adapun bobot penilaian besarnya berdasarkan prosentase yang telah tertera di SAP.
1. Tata Tertib Ujian
a. Peserta ujian siap di ruang ujian 10 menit sebelum ujian dimulai.
b. Peserta ujian harus berpakaian rapi, sopan dan tidak diperbolehkan berbah- an kaos. Bagi mahasiswa putri wajib menggunakan jilbab dan tidak berpak- aian ketat. Bagi mahasiswa putra dilarang menggunakan asesoris wanita.
c. Peserta ujian wajib memakai sepatu resmi.
d. Peserta ujian wajib membawa Kartu Ujian dan mata kuliah yang diujikan harus tercantum dalam Kartu Ujian tersebut.

e. Bagi yang membawa handphone, supaya dinon-aktifkan.
f. Selama ujian berlangsung, mahasiswa dilarang keluar ruang ujian tanpa ijin pengawas.
g. Peserta ujian dilarang bekerja sama dengan peserta lain ataupun melihat hasil pekerjaan orang lain.
h. Peserta ujian tanpa seijin pengawas, mahasiswa tidak diperkenankan pin- jam-meminjam alat tulis, tip ex, kalkulator dan buku catatan lain pada saat ujian dilaksanakan.
i. Untuk ujian yang bersifat “buku tertutup”, peserta ujian dilarang membuka catatan dan buku.
2. Evaluasi/Penilaian Mata Kuliah
a. Evaluasi mata kuliah dilakukan sekurang-kurangnya dalam tiga bentuk, yai- tu ujian mid semester, ujian akhir semester, dan tugas terstruktur.
b. Hasil evaluasi mata kuliah diberikan dalam huruf mutu (HM) A, B, C, D, dan
E dengan angka mutu (AM) berturut-turut bernilai 4, 3, 2, 1, dan 0.
c. Komponen dan bobot penilaian masing-masing mata kuliah adalah sebagai berikut :
a) Tugas, quiz
b) Ujian Mid Semester
c) Ujian Akhir Semester
Bobot penilaian tersebut dapat bervariasi tergantung matakuliah dan kom- petensi yang diharapkan.
d. Sistem penilaian yang digunakan dapat berupa sistem Penilaian Acuan Normal
(PAN), Penilaian Acuan Patokan (PAP), atau gabungan dari sistem PAN dan PAP. e. Evaluasi Semester, Untuk mengevaluasi kemajuan proses belajar mengajar setiap semester digunakan indikator indeks prestasi (IP) dan indeks prestasi kumulatif (IPK). Indeks prestasi kumulatif (IPK) digunakan untuk mengukur hasil belajar mahasiswa secara kumulatif sejak semester pertama sampai
dengan semester paling akhir yang telah ditempuh.

4. Tugas Akhir
Tugas akhir, dengan bobot total 6 sks merupakan skripsi yang diasuh oleh seorang dosen pembimbing.