PROGRAM STUDI MATEMATIKA
FMIPA UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN
YOGYAKARTA

1 Juni 2013

PENGANTAR

Puji syukur kepada Allah SWT, yang hanya atas limpahan rahmat dan karunia-Nya Program Studi Matematika FMIPA UAD dapat menyelesaikan serangkaian kegiatan penijauan kurikulum hingga terbentuknya dokumen kurikulum 2013 ini. Peninjauan kurikulum ini telah dilakukan sejak Maret 2011 yang melibatkan seluruh stake holders (dosen, alumni, mahasiswa, dan pengguna) dengan merujuk pada pedoman/peraturan yang telah ditetapkan pemerintah serta memperhatikan standar kurikulum yang dikeluarkan assosiasi Profesi, dalam hai ini IndoMS.
Dokumen ini berisi deskripsi Program Studi Matematika disertai dengan kompetensi lulusan dan kurikulum yang akan mulai diberlakukan mulai tahun akademik baru 2013/2014, selanjutnya disebut kurikulum 2013. Aturan peralihan dan kesetaraan dengan kurikulum lama juga dijelaskan dalam dokumen ini.Secara garis besar kurikulum 2013 Program Studi Matematika dikemas untuk masa studi empat tahun dengan beban total minimal 145 sks , terdiri dari 133 sks mata kuliah wajib dan 12 sks mata kuliah pilihan. Dokumen ini disusun dengan maksud, pertama, mendokumentasi kerunutan antara kurikulum 2013 dengan kurikulum sebelumnya. Kedua, mendefinisikan pedoman penyelenggaraan program studi matematika khususnya dalam perancangan perkuliahan secara lebih terperinci, pelaksanaaan, evaluasi , dan pemantauannya.
Terimakasih kami haturkan kepada Rektor Universitas Ahmad Dahlan yang telah menerbitkan pengesahan kurikulum 2013 yang telah direvisi ini, melalui Keputusan Rektor Universitas Ahmad Dahlan Nomor 122 Tahun 2013, tanggal 23 Mei 2013. Semoga kurikulum yang tertuang ini dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Modifikasi dan perubahan masih mungkin untuk dilakukan demi kesempurnaan kurikulum ini.

Yogyakarta, 1 Juni 2013
Kaprodi Matematika,

Yudi Ari Adi,M.Si

Untuk kelengkapannya bisa di unduh di sini DOKUMEN KURIKULUM PRODI MATEMATIKA 2013